Awasi Penyakit Meningitis dengan Bahaya Tidak Main-Main


Terbaring sakit pastinya menjadi mimpi buruk bagi setiap orang. Apalagi bagi kamu yang memiliki kesibukan segudang setiap harinya. Kondisi jatuh sakit pastinya akan menghambat berbagai aktivitas yang sudah menunggu untuk diselesaikan. Namun sayangnya kondisi sakit ini sendiri memang tidak bisa ditebak kapan akan datangnya. Apalagi di zaman sekarang ini, jenis penyakit semakin beragam saja. Salah satunya yang tidak boleh dipandang sebelah mata adalah penyakit meningitis.

Masalahnya adalah ternyata masih banyak orang yang awam dan kurang familiar dengan jenis penyakit satu ini. Padahal efek dari penyakit ini sendiri tidak main-main lho. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa merebut nyawa kamu. Bagi kamu yang masih awam dengan penyakit ini maka mulai sekarang ada baiknya untuk segera lebih mengenali bahaya penyakiti Menigitis ini.

Penyakit Meningitis

Hal pertama yang mesti kamu ketahui terlebih dulu tentunya adalah arti atau definisi dari penyakit meningitis ini sendiri. Jangan sampai deh kamu membahas terlalu dalam atau terlalu jauh dari penyakit Meningitis tapi masih belum tahu tentang artinya. Bisa bahaya pastinya dong. Sederhananya, penyakit Meningitis ini adalah kondisi terjadinya radang selaput otak.

Dari namanya saja, pasti membuat kamu ngeri dan menyadari bahwa ini bukanlah jenis penyakit sembarangan. Anggapan tersebut memang tepat adanya karena penyakit Meningitis ini kondisi dimana terjadinya peradangan pada bagian lapisan pelindung yang memiliki fungsi untuk melindungi bagian otak.

Tentu saja apabila bagian tersebut terkena peradangan maka bisa dipastikan akan memancing banyak sekali masalah. Apabila tidak segera diatasi maka bisa sampai di titik gawat ataupun kritis lho. Tidak sembarangan, karena kondisi yang paling kritis adalah bisa mengakibatkan kematian.

Bagaimana, bahaya sekali bukan? Jadi setelah mengetahui bahayanya maka jangan sampai kamu meremehkan penyakit ini. Cara untuk tidak meremehkannnya adalah dengan melanjutkan pengetahuan kamu tentang penyakit Meningitis seperti di bawah ini.

Gejala atau Ciri-Ciri Meningitis

Kini, kamu sudah mengetahui tentang definisi dari penyakit Meningitis ini. Namun jangan sampai puas di titik itu saja. Karena masih ada banyak hal penting yang mesti kamu ketahui. Informasi penting lainnya yang dimaksud adalah gejala atau ciri-ciri dari penyakit Meningitis ini. Tak ubahnya jenis penyakit yang lain maka penyakit Meningitis juga bisa menimbulkan gejala ataupun ciri-ciri.

Jangan sampai kamu anggap sepele gejala ataupun ciri-ciri karena mengingat manfaatnya. Manfatnya adalah dengan mengetahui gejala ini maka bisa segera diketahui bahwa seseorang menderita penyakit Meningitis atau tidak. Dengan cepat mendeteksinya maka akan lebih cepat juga bagi penderita guna mendapatkan pertolongan pertama. Untuk bisa menjawabannya, ini adalah gejala-gejala dari penyakit Meningitis.

Sakit Kepala dalam Waktu Lama

Gejala pertama dari penyakit Meningitis yang mesti diwaspadai adalah kondisi sakit kepala yang terjadi dalam waktu lama. Kondisi sakit kepala ini memang seringkali diremehkan oleh banyak orang karena dianggap akan sembuh dengan sendirinya. Namun apabila ternyata kondisi sakit kepala tersebut terjadi dalam waktu yang lama dan seringkali muncul maka sebaiknya kamu mulai curiga. Curiga bahwa kondisi tersebut merupakan gejala terjadinya penyakit Meningitis. Apalagi kalau sakit kepala tersebut terjadi lebih dari seminggu lamanya.

Related Post :  Fakta Menarik dari Rumah Adat Jawa Tengah

Lehernya yang Kaku Berlebihan

Mengalami kondisi leher yang kaku bagi mereka yang kurang tidur memang adalah hal yang dapat dimaklumi. Namun cerita akan menjadi lain ketika ternyata kondisi leher yang kaku tersebut tergolong berlebihan. Baik dalam hal durasi maupun rasa sakit yang dirasakan. Untuk kondisi leher kaku yang normal maka biasanya rasa sakit yang dirasakan juga tergolong normal dan cepat hilangnya.

Sangat berbeda dengan gejala bagi mereka yang menderita penyakit Meningitis maka leher kaku tersebut akan dirasakan berlebihan sekali. Terutama dalam bagian rasa sakitnya yang akan sangat mencengkram sekali. Ditambah rasa sakit mencengkram tidak akan menghilang dalam waktu sebentar. Jika hal tersebut yang terjadi maka besar kemungkinannya maka itu adalah gejala dari penyakit Meningitis.

Kondisi Mual dan Muntah yang Parah

Gejala berikutnya dari mereka yang menderita Meningitis adalah kondisi mual dan muntah yang parah. Mual dan muntah parah ini akan mengakibatkan sakit kepala yang sangat parah. Di titik tertentu bahkan bisa membuat penderitanya kehilangan kesadarannya secara mendadak. Bahaya sekali bukan?

Mengalami Kesulitan Berjalan

Biasanya setelah gejala seperti mual dan muntah sudah muncul maka akan dilanjutkan dengan gejala berikutnya. Gejala berikutnya yang dimaksud adalah akan munculnya rasa pegal-pegal dalam tubuh. Bukan pegal-pegal biasa tapi benar-benar rasa pegal yang sangat berat. Apabila terus dibiarkan maka rasa pegal ini bisa mengakibatkan kesulitan berjalan lho. Efek samping yang berbahaya itu tentunya jangan sampai dipandang sebelah mata begitu saja.

Munculnya Ruam pada Bagian Kulit

 Perlu menjadi catatan khusus lho buat kamu kalau kondisi penyakit Meningitis membuat  jumlah bakteri menjadi meningkat dan berefek pada rusaknya bagian pembuluh darah. Selain itu, sebelum munculnya ruam pada bagian kulit ini maka kulit si penderita akan menjadi sangat pucat.

Efeknya akan semakin terlihat apabila korban dari penyakit tersebut adalah seorang anak kecil. Meski begitu bukan berarti orang dewasa tidak akan mengalami gejala yang satu ini. Soalnya tetap saja ada kemungkinan bahwa orang dewasa tetap bisa mengalami gejala munculnya ruam pada bagian kulit. Hanya saja untuk mereka yang sudah dewasa maka kondisinya tidak akan separah anak kecil.

Penyebab Meningitis

Jelas saja, penyakit Meningitis ini tidak datang dengan sendirinya. Ada beberapa faktor pemicu yang kemudian membuat seseorang mengalami sakit ini. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu-menahu tentang penyebab dari datangnya penyakit Meningitis ini. Padahal dengan kamu mengetahui penyebab dari Meningitis ini maka akan jauh lebih mudah bagi kamu menghindarinya. Berikut ini beberapa penyebab munculnya penyakit Meningitis.

Adanya Virus Meningitis

Penyebab pertama yang bisa dibilang merupakan faktor paling utama munculnya penyakit adalah adanya virus Meningitis. Bisa dibilang, virus inilah yang kemudian mengakibatkan 85 persen dari keseluruhan kasus penyakit Meningitis ini. Namun kamu juga tidak perlu khawatir berlebihan karena Meningitis yang disebabkan karena virus biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Hanya sedikit sekali kasus yang disebabkan oleh virus Meningitis mesti mendapatkan penananganan sangat serius.

Bakteri Meningitis

Ternyata bukan hanya virus Meningitis yang bisa menyebabkan munculnya penyakit ini tapi juga adanya bakteri Meningitis. Bahkan bisa dibilang, bakteri Meningitis jauh lebih berbahaya daripada virus Meningitis lho. Bukan isapan jempol belaka karena bakteri Meningitis ini bisa mengakibatkan kematian hingga 35%. Terutama bagi penderitanya yang masih kanak-kanak. Bisa dibilang kerawanan mereka akan jauh lebih tinggi.

Related Post :  Sejarah Daeng Soetigna Sebagai Legenda Angklung

Jamur Meningitis

Untuk jamur Meningitis ini terbilang adalah kondisi yang sangat langka. Karena memang hanya kondisi tertentu yang kemudian bisa menimbulkan jamur Meningitis ini. Memang apa saja kondisi tersebut? Sebut saja seperti terjadinya penyakit kanker hingga HIV yang dialami oleh seseorang.

Parasit Meningitis

Ternyata kondisi parasit Meningitis tidak kalah langkanya lho. Biasanya ditemukannya parasit Meningitis ini terdapat pada tanah liat, feses hingga daging mentah. Hal tersebutlah yang kemudian membuat kondisi makan daging yang belum dimasak sebaiknya dihindari. Ditakutkan parasit Meningitis ini masih hidup di dalam daging tersebut sehingga bisa menimbukan penyakit berbahaya Meningitis ini.

Vaksin Meningitis

Mengingat bahayanya penyakit Meningitis ini maka tentunya langkah pencegahan menjadi sangat penting sekali.  Namun dalam langkah pencegahan ini jelas saja tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Butuh langkah tepat dalam mencegah penyakit Meningitis ini agar tidak semakin menyebar. Langkah tepat yang dimaksud tersebut adalah penggunana vaksin Meningitis ini.

Bukan tanpa alasan karena Meningitis ini hanya bisa dicegah dengan menggunakan vaksin khusus Meningitis. Soalnya penyakit Meningitis ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Apalagi mengingat komplikasi berbahaya yang bisa terjadi disebabkan oleh penyakit Meningitis. Termasuk korban jiwa yang membuat kamu tidak bisa menutup mata.

Pemberian vaksin Meningitis ini sendiri sangat direkomendasikan bagi mereka yang rentan terpapar penyakit Meningitis. Seperti mereka yang masih anak-anak hingga tenaga medis yang menghadapi pasien Meningitis. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa vaksin Meningitis terbagi dalam tiga jenis. Tiga jenis tersebut adalah MCV4, MPSV4 dan Serogroup B Mennigocal B.

Pantangan Setelah Vaksin Meningitis

Ketika kamu sudah melakukan suntik vaksin Meningitis maka seringkali muncul pertanyaan: apakah ada pantangan setelah melakukan vaksin? Pertanyaan tergolong wajar dikeluarkan apabila mengingat bahwa seringkali setelah melakukan vaksin maka ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar.

Untungnya, hal tersebut tidak berlaku untuk proses setelah vaksin Meningitis ini. Soalnya tidak ada pantangan berarti setelah kamu melakukan vaksin Meningitis. Hanya saja kamu perlu memperhatikan istirahat yang cukup dan juga memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Syarat Suntik Meningitis

Menelaah berbagai bahaya yang dimiliki oleh penyakit Meningitis maka tentunya pengambilan langkah pencegahan adalah hal yang paling bijak. Cara pencegahan terbaik yang bisa kamu lakukan sekarang ini adalah dengan melakukan suntik Meningitis. Namun nyatanya suntik Meningitis ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan lho. Ada beberapa persyaratan yang mesti bisa kamu penuhi terlebih dulu. Apa saja sih persyaratan tersebut? Tenang saja, tidak terlalu rumit kok.

Fotokopi Pasport

Persyaratan pertama yang mesti kamu miliki adalah dengan membawa fotokopi passport. Persyaratan ini sendiri akan sangat berlaku bagi kamu yang ingin berpergian jauh. Terutama buat kamu yang ingin melakukan perjalanan umroh atau haji. Seperti yang diketahui bahwa sebelum melakukan perjalanan umroh atau Haji maka kamu wajib melakukan suntik Meningitis ini.

Fotokopi KTP

Apabila bagian passport tersebut sudah dimiliki maka lanjutkan dengan bagian KTP. Soalnya persyaratan berikutnya yang mesti kamu penuhi adalah dengan memiliki fotokopi KTP. Tentu saja, tidak terlalu sulit untuk memiliki persyaratan yang satu ini, bukan?

Pas Foto 4×6

Sedangkan persyaratan terkahir yang mesti kamu penuh adalah dengan menyiapkan pas foto 4×6. Detailnya adalah past foto 4×6 tersebut berjumlah 2 lembar. Selain itu, pastikan kalau pas foto tersebut berwarna hitam putih. Hal ini nantinya akan sangat berguna untuk memastikan bahwa persyaratan tersebut dapat diterima dengan baik.

Related Post :  Fakta Menarik dari Rumah Adat Jawa Tengah

Namun ketika persyaratan tersebut sudah dipenuhi maka akan timbul pertanyaan lainnya. Pertanyaan tersebut adalah: bagaiamana cara daftar langsung suntik vaksin Meningitis ini? Bagi kamu yang memiliki pertanyaan tersebut maka kamu cukup meniru langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pergilah ke lokasi dimana suntik Vaksin Meningitis ini diadakan. Untuk itulah maka penting sekali bagi kamu dalam mencari informasi yang lebih lengkap terlebih dulu. Tidak ada salahnya untuk melakukan riset di internet ataupun menanyakan pihak yang bertanggung jawab secara langsung.
  2. Jika kamu sudah sampai di lokasi maka jangan lupa untuk segera mengambil nomor antrean. Alasannya adalah karena bisa dipastikan bahwa banyak orang yang akan ikut juga dalam melakukan suntik vaksin tersebut. Jadi semakin cepat kamu mengambil nomor antrean maka semakin cepat pula kamu mendapatkan giliran disuntik vaksin.
  3. Ambil Formulir dan kemudian isilah secara lengkap sekaligus detail
  4. Jika pengisian formulir tersebut sudah selesai dilakukan maka apabila kamu adalah wanita maka ada sebuah tes khusus yang mesti dilewati terlebih dulu. Tes khusus yang dimaksud adalah tes urine untuk memastikan kesehatan kamu.
  5. Kalau nomor antrean kamu tidak terlalu banyak  maka bisa dipastikan bahwa proses kamu dipanggil juga akan jauh lebih cepat. Ketika kamu sudah dipanggil maka segeralah masuk ke dalam ruangan khusus untuk disuntik vaksin Meningitis ini.
  6. Kini, kamu hanya perlu mengambil foto barcode yang sudah disediakan dan kemudian kamu resmi mendapatkan suntikan vaksin Meningitis yang melindungi.

Efek Samping Suntik Meningitis

Memang benar, kalau suntik vaksin ini memberikan perlindungan pada tubuh kamu. Khususnya perlindungan dari bahaya penyakit Meningitis. Namun perlu menjadi catatan tersendiri bagi siapapun bahwa vaksin Meningitis ini seringkali memberikan efek samping bagi sebagian orang. Apa saja efek samping yang dimaksud?

  • Rasa Sakit di Area Suntikan

Efek samping pertama yang biasanya dirasakan oleh sebagian orang setelah melakukan suntikan Meningitis adalah terjadinya rasa sakit. Rasa sakit ini sendiri biasanya berpusat di area bekas suntikan tersebut. tidak berhenti sampai di situ saja lho karena rasa sakit itu juga dikombinasikan dengan munculnya bekas kemerahan, gatal dan juga sensasi terbakar. Tidak heran bagi siapapun yang merasakan efek samping ini maka pastinya akan sangat menderita.

  • Demam Ringan

Tidak berhenti hanya pada rasa sakit saja lho karena efek samping berikutnya yang bakal dirasakan sebagian orang adalah terjadinya demam ringan. Biasanya demam ringan ini sendiri terjadi dalam rentang 1 hingga 3 hari sejak suntikan vaksin Meningitis tersebut masuk ke dalam tubuh kamu. Jadi kamu tidak perlu panik berlebihan apabila setelah suntik vaksin Meningitis ini ternyata kemudian kamu mengalami demam ringan. Soalnya hal tersebut memang terjadi pada sebagian orang. Kamu cukup menjaga asupan makanan dan juga istirahat yang cukup. Biasanya hal tersebut cukup untuk meringankan gejala demam yang sedang kamu alami.

  • Tubuh yang Menjadi Dingin

Lalu untuk efek samping terakhir yang mungkin saja terjadi adalah tubuh kamu akan merasa dingin seperti menggigil. Tidak berhenti sampai di situ, kondisi dingin itu juga biasanya akan semakin diperparah dengan rasa pegal dan juga sakit kepala.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat kamu lebih paham tentang penyakit Meningitis dan bahaya tidak main-main di dalamnya. Guna menghindari bahaya dari penyakit tersebut maka tidak ada salahnya untuk mulai menjaga kesehatan dan melakukan suntik vaksin Meningitis apabila memang diperlukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *