Diet dengan Kentang Bisa Menurunkan Berat Badan

Diet dengan Kentang Bisa Menurunkan Berat Badan – Saat ini banyak sekali jenis diet yang efektif untuk menurunkan berat badan. Jika Anda termasuk orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan namun tetap ingin mengonsumsi karbohidrat, mungkin Anda bisa mencoba teknik diet kentang.

Banyak orang beranggapan bahwa diet untuk menurunkan berat badan harus menghindari karbohidrat. Meski tidak demikian, karbohidrat tetap dibutuhkan tubuh sebagai penyuplai energi saat Anda sedang diet. Mari kita belajar menu diet sehat di artikel ini.

Diet kentang dinilai mampu menurunkan berat badan hingga satu pon atau sekitar 0,45 kg sehari hanya dengan mengonsumsi kentang polos. Selain efektif menurunkan berat badan, kentang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kesehatan usus dan memberikan banyak nutrisi sehingga Anda tetap berenergi sekaligus menurunkan berat badan.

Bagaimana Melakukan Diet Kentang

Diet kentang merupakan jenis diet yang sederhana dan mudah dilakukan. Berikut beberapa aturan yang perlu Anda ketahui saat Anda ingin melakukan diet kentang:

  • Konsumsi hanya kentang yang sudah dimasak.
  • Konsumsi kentang selama tiga sampai lima hari.
  • Konsumsi kentang sebanyak 0,9–2,3 kg kentang per hari.
  • Jangan menambahkan kentang dengan makanan lain, termasuk bumbu dan topping, seperti saus tomat, mentega, krim asam, dan keju.
  • Anda bisa menambahkan garam, tetapi sebisa mungkin hindari menggunakannya.
  • Hanya minum air putih, teh atau kopi tanpa gula selama diet.
  • Hindari melakukan olah raga berat dan olah raga ringan secara teratur.
  • Jika Anda diharuskan minum obat, minum obat yang biasa sesuai dengan resep dokter Anda. Namun, hindari penggunaan suplemen makanan yang tidak diresepkan.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah cara memasak kentang untuk dikonsumsi. Hindari menggoreng kentang atau kentang yang diproses secara berlebihan. Merebus atau mengukus kentang adalah cara terbaik untuk mengolahnya.

Seberapa Efektifkah Diet Kentang untuk Menurunkan Berat Badan?

Sejauh ini, belum ada penelitian khusus terkait diet kentang yang bisa menurunkan berat badan hanya karena sangat rendah kalori. Namun, banyak penelitian menunjukkan bahwa hampir semua jenis diet yang membatasi kalori dapat menurunkan berat badan.

Meski mengonsumsi 2–5 0,9–2,3 kilogram kentang setiap hari sepertinya banyak, nyatanya jumlah kalori yang Anda dapatkan hanya 530–1,300 kalori. Jumlah ini jauh lebih sedikit dari rata-rata asupan harian orang dewasa.

Menariknya, kentang mengandung senyawa proteinase inhibitor 2 yang membantu mengurangi rasa lapar dengan cara memperlambat pencernaan. Diluncurkan dari Healthline, satu penelitian menemukan bahwa tikus yang diobati dengan senyawa kentang ini mengonsumsi lebih sedikit makanan dan kehilangan lebih banyak berat badan daripada tikus yang tidak diobati. Namun, efek ini belum dipelajari pada manusia.

Meskipun diet kentang mungkin efektif untuk menurunkan berat badan dalam jangka pendek, ini bukanlah solusi jangka panjang. Kentang memang mengandung banyak nutrisi, tetapi tidak mengandung semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan yang optimal. Selain itu, diet sangat rendah kalori terbukti memperlambat metabolisme dan menurunkan massa otot.

Jika Anda memiliki penyakit tertentu tetapi ingin mencoba teknik diet ini, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Anda bisa menghubungi dokter melalui aplikasi. Demikianlah artikel tentang diet dengan kentang dapat menurunkan berat badan, demikianlah caranya dan dengan adanya panduan ini akan menuntun anda untuk mencari solusi atas keluhan anda selama ini, semoga bermanfaat terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *