Mengetahui Sejuta Kegunaan Lidah Buaya


Alam memang seakan tidak akan pernah kehabisan keajaiban yang dimiliki. Seakan-akan setiap bagian yang ada di alam bisa dimanfaatkan oleh manusia. Ternasuk di dalamnya adalah lidah buaya seperti yang satu ini. Tentunya produk lidah buaya ini sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang.

Alasannya tentu sangat sederhana karena mengingat lidah buaya ini memang mudah sekali ditemukan di kehidupan sehari-hari. Namun mungkin baru segelintir orang saja yang memahami bahwa lidah buaya ini menyimpan sejuta manfaat dan juga kegunaan. Memangnya apa saja sih kegunaan atau manfaat yang dimiliki oleh lidah buaya ini? Bagi kamu yang penasaran, berikut ini ada jawaban lebih lengkapnya.

Manfaat Lidah Buaya

Hal pertama yang mesti kamu ketahui terlebih dulu tentunya adalah manfaat yang dimiliki oleh lidah buaya ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak sekali kegunaan dan juga manfaatnya. Sayangnya, masih banyak kegunaan dan manfaat dari lidah buaya yang belum terungkap ke publik. Apa saja itu? Ini jawabannya.

1. Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut tentunya adalah salah satu bagian paling penting di dalam tubuh manusia. Soalnya rambut ini seringkali erat kaitannya dengan tampilan dan juga rasa percaya diri. Tidak heran apabila kemudian setiap orang pastinya berlomba-lomba untuk menjaga kesehatan rambutnya. Bahkan tidak sedikit orang yang kemudian rela menggelontorkan dana besar demi bisa menjaga tampilan dan kesehatan rambut yang dimiliki.

Padahal masih banyak cara lho untuk menjaga kesehatan rambut dengan metode yang jauh lebih murah. Salah satunya adalah dengan menggunakan lidah buaya seperti satu ini. Hal tersebut dapat terlihat langsung dari banyaknya produk shampo atau produk perawatan rambut lainnya yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Selain itu, lidah buaya ini juga bisa dimanfaatkan dengan diolahnya secara langsung. Dengan cara mengambil gel yang terdapat pada tumbuhan lidah buaya tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Bibir

Apakah kamu sering mengalami kondisi bibir yang mudah kering dan kemudian pecah-pecah? Kondisi tersebut pastinya akan sangat menganggu penampilan. Bagi kamu yang ingin menghentikan kondisi tersebut maka bisa memulai perawatan menggunakan lidah buaya lho. Bukan tanpa alasan karena lidah buaya ini memiliki sifat alami pelembap di dalamnya.

Selain itu, cara penggunannya akan sangat mudah sekali. Nantinya kamu cuma perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bagian bibir setiap harinya. Tidak berselang lama maka kamu bisa langsung merasakan manfaatnya pada bagian bibir.

3. Mengatasi Jerawat

Ketika membicarakan tampilan maka setiap orang pastinya setiap orang mendambakan tampilan kulit wajah yang mulus dan juga bersih. Sayangnya, hal tersebut sulit sekali didapatkan ketika masalah jerawat sedang menyerang. Jelas saja, jerawat ini akan menganggu tampilan kamu dan membuat setiap orang ingin menghilangkannya.

Meski begitu, kamu jangan langsung terburu-buru ingin menggunakan obat-obatan kimia yang memiliki efek samping berbahaya. Sebagai langkah awalnya maka kamu bisa menggunakan lidah buaya ini sebagai pengobatannya. Bukan sembarangan karena lidah buaya ini ternyata memiliki kandungan anti radang dan juga anti mikroba di dalamya. Kombinasi tersebutlah yang kemudian mampu mengatasi masalah jerawat pada wajah kamu.

4. Membantu Melembapkan Kulit

Penampilan tentunya bukan sekadar sebatas apa yang ditampilkan pada wajah saja. Namun juga pada bagian kulit juga jangan sampai terlewatkan begitu saja. Untuk masalah kulit sendiri, banyak orang yang mengeluhkan kulitnya yang kering dan juga tidak mulus.

Bagi kamu yang juga memiliki masalah tersebut maka segeralah menggunakan lidah buaya sebagai perawatannya. Kandungan zat polisakarida di dalamnya diketahui ampuh untuk melembapkan kulit.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka yang terjadi pada tubuh biasanya akan meninggalkan bekas yang lama menghilangnya. Hal ini jelas saja akan menyisakan bekas sakit dan menganggu penampilan. Namun sayangnya, berbagai obat seringkali tidak ampuh untuk mempercepat penyembuhan luka tersebut.

Namun, kamu sudah tidak perlu khawatir secara berlebihan lagi karena lidah buaya ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obatnya. Kombinasi kandungan antioksidan dan juga kalsium adalah alasan utamanya.

6. Mengurangi Berat Badan

Berat badan yang berlebihan sepertinya menjadi mimpi buruk bagi siapapun. Hal tersebutlah yang kemudian membuat banyak orang bernafsu sekali untuk menurunkan berat badannya dengan cara cepat. Sayangnya, cara cepat tersebut seringkali membebani tubuh dan membuat banyak sekali efek samping berbahaya.

Jadi daripada memilih pengobatan yang membahayakan maka pilihlah pengobatan yang jauh lebih aman. Untuk pengobatan berat badan yang aman maka kamu tidak perlu bingung lagi lho. Soalnya ada lidah buaya yang ternyata diketahui dapat membantu mengurangi berat badan ini. Dikarenakan lidah buaya ini memiliki kandungan detoksifasi pada tubuh. Hal tersebutlah yang kemudian membuat berat badan bisa dikurangi secara jauh lebih sehat.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cuaca yang tidak menentu dan intensitas pekerjaan yang menumpuk memang faktor utama yang menyebabkan seseorang lantas jatuh sakit. Guna menghindari hal tersebut maka penting sekali untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang dimiliki. Bisa dibilang, banyak sekali cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan lidah buaya ini. Alasannya karena lidah buaya di dalamnya memiliki kandungan yang dapat membantu penyerapan vitamin dan juga mineral secara jauh lebih baik pada tubuh. Efek yang kemudian membuat daya tahan tubuh kamu menjadi lebih meningkat.

8. Mengatasi Penuaan Dini

Penuaan memang adalah proses yang tidak bisa dicegah oleh siapapun. Semakin bertambahnya usia maka pastinya penuaan akan segera datang. Namun cerita akan menjadi lain ketika ternyata  penuaan tersebut datang ketika usia kamu masih muda. Jika itu yang terjadi maka bisa dipastikan bahwa kamu sedang mengalami penuaan dini.

Tentunya kondisi penuaan dini ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Namun segera diambil langkah pengobatannya. Penggunaan lidah buaya ternyata diketahui dapat mengatasi penuaan dini ini. Penyebabnya adalah karena lidah buaya ini memiliki kandungan yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada tubuh sehingga mencegah keriput.

9. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kandungan sifat anti bakteri pada lidah buaya ternyata diketahui sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan juga mulut. Seperti yang diketahui bahwa pada mulut dan juga gigi seringkali menjadi sumber berkumpulnya bakteri. Hal tersebutlah yang kemudian membuat gigi dan mulut rentan terkena penyakit. Cara mencegahnya adalah memanfaatkan lidah buaya ini sebagai pasta gigi.

Cara Mengolah Lidah Buaya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak sekali manfaatnya. Bukan hanya sekadar untuk dijadikan sebagai obat lho tapi ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk bisa dijadikan minuman es yang segar.

Bagi kamu yang awam maka pastinya cukup terkejut dengan hal ini. Untuk yang penasaran, ada beberapa langkah mengolah lidah buaya untuk menjadi minuman es.

  1. Langkah pertama adalah dengan mendidihkan air terlebih dulu. Dimana pada air ini sendiri sudah dicampurkan dengan garam dan juga gula.
  2. Cuci bersih daging lidah buaya dan kemudian masukan ke dalam air yang sudah mendidih tersebut. Rebus setidaknya kurang lebih 5 menit.
  3. Tiriskan lidah buaya tersebut dan masukan ke mangkok. Campurkan dengan es sesuai selera kamu.
  4. Tambahkan biji selasih, sirup ataupun susu kental manis sesuai dengan selera kamu.
  5. Nikmati ketika masih dingin agar lebih nikmat.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Kini, kamu sudah bisa membuat es segar yang terbuat dari bahan lidah buaya. Namun perlu kamu ketahui bahwa manfaat yang dimiliki oleh lidah buaya tidak berhenti sampai di situ saja lho. Bagi kamu yang selama ini seringkali mengeluhkan kondisi wajah yang kering ataupun bermasalah maka bisa menjadikan lidah buaya ini sebagai solusinya. Caranya adalah dengan menjadikan lidah buaya ini sebagai masker. Ada beberapa jenis masker yang terbuat dari lidah buaya seperti berikut ini.

1. Masker Lidah Buaya dengan Air Mawar

Jenis masker pertama yang diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah adalah masker lidah buaya yang dicampurkan dengan air mawar. Perlu diketahui bahwa air mawar ini sendiri diketahui ampuh dalam mengatsi infeksi yang terjadi pada kulit wajah. Untuk membuatnya sendiri tergolong mudah lho.

Pertama-tama, kamu cukup menumbuk setengah buah timun yang sudah dibersihkan terlebih dulu. Barulah kemudian tambahkan air mawar sekitar 1 sendok teh dan juga campurkan dengan  gel aloe vera sekitar 2 sdm. Aduk hingga menjadi masker dan kemudian tempelkan pada wajah kamu. Guna hasil yang lebih maksimal maka diamkan masker tersebut setidaknya selama 15 menit.

2. Masker Lidah Buaya dengan Jus Tomat

Bukan hanya dengan air mawar lho karena ternyata masker lidah buaya juga bisa memanfaatkan jus tomat. Mungkin sebagian dari kamu cukup terkejut karena menganggap jus tomat hanya bisa dijadikan konsumsi saja. Ternyata juga bisa dimanfaatkan kesehatan kulit wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan jus tomat yang sudah diblender dengan gel aloe vera hingga merata. Jika sudah, usapkan masker tersebut pada wajah kamu hingga beberapa menit.

3. Masker Lidah Buaya dengan Brown Sugar

Gel lidah buaya yang dicampurkan dengan bahan alami lainnya seperti brown sugar ternyata juga diketahui ampuh untuk dijadikan masker wajah. Bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya maka bisa dimulai dengan mencampurkan 2 sdm gel aloe vera dan 2 sdm brown sugar. Jika sudah tercampur rata, tempelkan pada wajah secara merata. Tunggu hingga beberapa menit baru kemudian bilas dengan air bersih.

Nama Latin Lidah Buaya

Layaknya jenis tanaman lainnya yang memiliki nama latin maka lidah buaya ini juga memiliki hal yang sama. Untuk nama latin lidah buaya sendiri pastinya sudah sangat familiar di telinga banyak orang yaitu aloe vera. Lidah buaya ini sendiri dipercaya berasal dari Jazirah Arab. Hal tersebut tentunya tergolong masuk akal karena melihat karakteristik dari tanaman ini yang memang tidak terlalu membutuhkan air. Apalagi dengan bagian duri yang tentunya semakin menjadi pelindung dan juga semakin cocok hidup di area gurun pasir khas daerah Arab.

Ciri-Ciri Lidah Buaya

Bisa dibilang, tanaman lidah buaya memang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan tanaman lainnya. Meski begitu, tidak bisa dipungkiri juga bahwa masih banyak orang yang seringkali salah ataupun keliru dalam membedakan tanaman lidah buaya ini. Supaya tidak salah lagi maka penting sekali mengetahui ciri-ciri dari tanaman lidah buaya ini.

– Batang Lidah Buaya

Ciri tersebut diawali dengan batang yang dimiliki oleh tanaman lidah buaya ini. Hampir seperti semua tanaman maka lidah buaya ini juga memiliki batang sebagai penyangganya. Hanya saja, untuk batang lidah buaya maka memiliki keunikan yaitu batangnya hampir tidak terlihat karena tertutupi dengan daun-daun yang ada di sekitarnya. Selain itu, pada bagian batang lidah buaya juga memiliki ciri khas paling menonjol yaitu ada bagian seratnya. Pada bagian serat inilah yang kemudian menjadi bibit baru dari lidah buaya.

– Daun Lidah Buaya

Tidak seperti kebanyakan tanaman lainnya yang seringkali bagian daunya memiliki daging yang tipis dan juga sedikit. Maka untuk daun lidah buaya ini maka memiliki lapisan daging daun yang tergolong tebal dan juga banyak. Selain itu, kandungan air di dalamnya juga tergolong sangat tinggi.

– Bunga Lidah Buaya

Sama seperti kebanyakan tanaman lainnya maka tanaman lidah buaya juga memiliki bunga di dalamnya. Hanya saja untuk bunga lidah buaya maka memiliki keunikan pada bagian warnanya. Soalnya bunga lidah buaya memiliki warna kuning sekaligus kemerahan di bagian pipa bunganya. Jadi pastinya tidak akan sulit menemukan warna unik pada bunga lidah buaya tersebut.

– Bertahan di Berbagai Iklim

Ciri terakhir sekaligus keunggulan paling utama dari lidah buaya adalah kemampuannya dalam bertahan di berbagai iklim. Soalnya kebanyakan tanaman biasanya hanya cocok di satu iklim cuaca saja. Lain dengan lidah buaya ini yang tergolong cocok untuk berbagai jenis iklim. Mulai dari iklim panas, iklim hujan bahkan hingga iklim kering. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan karena efektifitas penggunaan air di dalam tubuh tanaman ini.

Macam-Macam Olahan Lidah Buaya

Mengingat berbagai kandungan manfaat yang dimiliki oleh lidah buaya ini maka tidak heran apabila kemudian banyak yang memanfaatkannya untuk menjadi berbagai macam olahan. Olahan apa saja itu? Berikut ini untuk jawaban lebih lengkapnya.

– Untuk Produk Kesehatan Komersial

Olahan lidah buaya yang pertama ternyata banyak dimanfaatkan adalah dengan mengolahnya menjadi produk kesehatan komersial. Hal tersebut tergolong wajar apabila mengingat kandungan pada lidah buaya ini memang cocok untuk kesehatan dan juga perawatan. Baik itu untuk perawatan wajah, perawatan kulit hingga perawatan rambut.

– Sebagai Suplemen Makanan

Nyatanya kandungan pada lidah buaya bukan hanya baik untuk kesehatan tapi juga bisa diolah untuk dijadikan suplemen makanan. Tidak heran apabila kemudian banyak jenis makanan seperti yogurt, jus hingga minuman yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Alasannya tentu karena lidah buaya ini memang aman dikonsumsi dan juga memiliki banyak kegunaan pada tubuh. Termasuk di dalamnya adalah melancarkan sistem pencernaan untuk tubuh yang lebih sehat.

– Produk Kecantikan

Untuk yang terakhir ternyata lidah buaya ini juga dimanfaatkan untuk produk kecantikan. Hal tersebut dapat terlihat langsung dari produk seperti tisu wajah, produk pelembap hingga tabir surya yang menjadikan tanaman lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat kamu lebih paham tentang sejuta kegunaan dari lidah buaya. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mulai menggunakan lidah buaya demi berbagai kepentingan yang sedang dibutuhkan. Tentu dengan catatan bahwa penggunaan lidah buaya tersebut tergolong tepat tentunya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *